RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MAN 1 Siak
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 JP
|
KD :
3.1 Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium
4.1 Membuat prosedur kerja ilmiah dan keselamatan kerja misalnya pada pengukuran kalor.
|
Materi : Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah
|
Tujuan Pembelajaran : Menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang materi yang dibahas dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok.
Pertemuan Kesatu
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
| |
Metode :
- Scientific Learning
- Discovery Learning
- Tanya jawab
- Diskusi
|
PENDAHULUAN
• Peserta didik bersama guru melakukan doa bersama
• Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi yang akan diberikan
KEGIATAN INTI
Kegiatan Literasi
• Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan pengamatan dan menanggapi topik yang disajikan, yaitu Hakikat fisika, perlunya mempelajari fisika, dan ruang lingkup fisika
Critical Thinking
• Guru memberikan kesempat peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang materi tersebut
Collaboration
• Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3-4 siswa lalu berdiskusi dalam kelompok untuk mengumpulkan informasi dan menyelesaikan permasalahan dalam bentuk LKS
Communication
• Peserta didik menyajikan secara tertulis dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian lalu ditanggapi oleh kelompok lain
Creativity
• Peserta didik melakukan refleksi dan membuat simpulan dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan
PENUTUP
• Peserta didik dibimbing guru untuk melakukan penilaian dan evaluasi
• Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdoa sebagai penutup belajar
|
Sumber Belajar :
Buku Siswa FISIKA kelas X, Modul/bahan ajar, Internet, Perpustakaan dan Sumber lain yang relevan
| |
Media Pembelajaran :
1. Media LCD
2. Laptop
3. Kertas karton
4. Gambar/Video yang relevan
5. LKS
| |
Kesimpulan Pembelajaran
|
Peserta didik bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas
|
Penilaian
|
Penilaian Sikap : Observasi (jurnal) , Penilaian diri, Penilaian antar teman
Penilaiaan Pengetahuan : Tes Tulis
Keterampilan : Kinerja / presentasi, Portofolio
|
Evaluasi
|
Tes lisan, Tes tertulis : Uraian/esai, Pilihan ganda
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar